Jenis Gizi Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, Bumil harus menjaga asupan gizi dan nutrisi dalam tubuhnya karena sekarang ada janin dalam rahim di tubuhnya.

Usahakan untuk mengkonsumsi makanan makanan yang memiliki gizi dan menghindari makanan makanan kurang sehat. Hal ini dikarenakan setiap makanan yang masuk juga akan diserap oleh janin.

Lalu, apa saja sih kira kira nutrisi atau jenis gizi untuk Ibu hamil yang diperlukan selama masa kehamilan.

  1. Karbohidrat

Sebagian Ibu hamil terkadang menghindari makanan karbohidrat karena tidak ingin badan terlihat lebih gemuk lagi akibat kondisi kehamilan.

Padahal konsumsi karbohidrat sangat bagus selama anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh, ia dapat membantu pertumbuhan janin serta menghindari bayi terlahir dengan cacat. Bumil bisa memakan makanan berkarboidrat dari gandum, roti sayuran ataupun beras merah.

  1. Protein

Setidaknya bumil butuh sekitar 70 sampai 100 gram protein setiap harinya. Anda bisa mendapatkan protein dari berbagai jenis makanan yang bisa ditemukan atau dibeli di warung terdekat.

Makanan yang mengandung protein misalnya adalah seafood, kacang kacangan, tahu dan juga telur. Anda juga bisa mendapatkan protein pada susu dengan formulasi khusus.

  1. Zat Besi

Zat besi berfungsi untuk pembentukan hemoglobin yang memiliki tugas untuk membawa seluruh oksigen ke seluruh tubuh, termasuk juga pada janin melalui sel darah merah.

Pada kondisi kehamilan kebutuhan zat besi anda akan meningkat sampai 50 persen. Maka dari itu, pastikan anda mendapatkan zat besi yang cukup dengan mengkonsumsi makanan seperti daging merah tanpa lemak, kacang kacangan, sayur hijau, telur dan lain sebagainya.

  1. Asam Folat

Di masa kehamilan, mulai dari awal kehamilan sampai setidaknya usia 12 minggu kehamilan. Ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi asam folat.

Untuk mendapatkan asam folat anda bisa mengkonsumsi susu dengan formulasi khusus ataupun dengan suplemen atau vitamin yang mengandung asam folat.

Jika anda rutin memeriksakan kandungan pada bidan ataupun dokter kandungan, biasanya mereka akan memberikan vitamin tertentu yang mengandung asam folat dan juga zat zat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.