Berkebun di Rumah Ternyata Bisa Bantu Mengurangi Stres, Ini Tipsnya

TEMPO.CO, Jakarta -Apakah Anda tahu bahwa berkebun dapat membantu mengurangi stres?

Faktanya saat berkebun seseorang akan fokus pada tanamannya dan menempatkan pikiran hanya untuk melihat hal-hal tumbuh dan hal-hal berkembang.

Kondisi tersebut dapat meminimalisir gejala depresi dan kecemasan, seperti dikutip dari laman healthtalk.unchealthcare.org.

Selain sehat untuk kondisi mental, berkebun juga dapat menciptakan udara yang segar disekitar rumah. Pun, bisa menghemat kebutuhan bahan makanan, mulai dari sayuran, lalapan, dan lainnya.

Untuk memulai berkebun, Anda harus tahu beberapa tips untuk mewujudkan impian punya kebun kecil di pekarangan rumah.

Dilansir dari laman miraclegro.com, berikut tips praktis memulai berkebun.

Pertama, pilih lokasi berkebun di bagian pekarangan yang memudahkan Anda untuk melihat perkembangannya secara teratur. Tips ini penting, supaya Anda tidak melewatkan waktu untuk merawatnya.

Selain lokasi yanag strategis, pastikan juga posisi lahan berkebun Andaa terjangkau sinar matahari. Apalagi jika tanaman Anda sebagian besar tanaman yang dapat dimakan, termasuk banyak sayuran, rempah-rempah, dan buah-buahan, membutuhkan setidaknya 6 jam sinar matahari untuk berkembang.

Poin yang harus diperhatikan juga adalah sumber air yang dekat. Pastikan Anda dapat mengalirkan selang ke lokasi kebun Anda, sehingga Anda tidak perlu membawa air ke sana setiap kali tanaman Anda harus disirami.

Karena pemula, mulailah dengan tanah yang bagus, supaya lebih optimis. Dengan kata lain, berinvestasilah di tanah yang kaya nutrisi dan dikeringkan dengan baik. Selain jenis tanah, jenis wadah tanaman juga penting.

Pilihlah wadah yang tidak hanya diformulasikan secara khusus untuk membantu tanaman dalam pot berkembang, tetapi juga membantu melindungi dari penyiraman yang berlebihan dan kekurangan air.

Terakhir, sangat penting dalam berkebun untuk memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi pertumbuhan di rumah Anda. Pilih varietas yang akan tumbuh dengan baik di tempat Anda tinggal dan di tempat yang Anda miliki. Mulai dari tanaman yang mudah tumbuh, seperti selada, cabai atau bunga-bungaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.