Universitas Diponegoro Ciptakan Bus Anticovid Pertama di Indonesia

Universitas Diponegoro (Undip) meluncurkan bus anticovid, Bio Smart and Safe Bus. Bus yang diklaim pertama di Indonesia ini merupakan produksi hasil kerja sama antara Universitas Diponegoro, Karoseri Laksana, dan PO Sumber Alam.

Melansir dari undip.ac.id, kelebihan dari bus yang diluncurkan pada 9 November 2021 itu adalah setelah AC dinyalakan dan mendinginkan kabin, udara akan dihisap oleh inlet AC yg terdapat pada bagian bawah bus, sehingga udara di kabin bus akan selalu fresh.

Udara yang dihisap itu selanjutnya disalurkan melalui HEPA filter. Ada pula komponen lain yang dimiliki bernama UV- C lamp yang berfungsi untuk menyaring partikel-partikel kecil seperti virus, bakteri, kuman, dan lain-lain.

Kemudian untuk aspek pathogen, seluruh permukaan interior kabin sudah dilapisi oleh nano silver. Nano silver berguna untuk menguraikan virus-virus yg menempel pada permukaan interior bus. Dengan adanya Hepa Filter, UV-C lamp, dan Nano Silver, maka peredaraan virus pada kabin bus akan bisa diminimalisir secara maksimal.

Rektor Universitas Diponegoro, Yos Johan Utama, mengatakan sangat mengapresiasi inovasi yang bermanfaat tersebut. Dia berpesan agar inovasi yang sudah dirancang bisa terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

“Inovasi yang sudah dirancang ini jangan berhenti sampai di sini saja. Dari model bus diharapkan dapat didesain menjadi mobil yang desainnya lebih sederhana, biaya lebih murah tetapi lebih canggih,” ujarnya.

PRIMANDA ANDI AKBAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.